Tags

, , ,

Band pop terbesar asal Yogyakarta belum lama ini merilis album studio ketujuh mereka.

Oleh: Detikhot Music
Jakarta – Album ke-7 Sheila on 7 (So7) yang diberi tajuk Berlayar telah dirilis. Detikhot pun mengupas tentang lagu-lagu mereka bareng personel So7. Simak yuks.

Selasa (22/3/2011) detikhot sempat berbincang singkat dengan band yang digawangi Eross (gitar), Duta (vokal), Adam (bass) dan Brian (drum) itu. Album Berlayar jadi lembaran baru mereka menata masa depan So7.

Ceritain dulu dong secara singkat tentang album ini?

Eross: Kalau sound-nya secara keseluruhan memang beda. Dari album satu sampai yang terakhir sama yang ini beda tukang mixing-nya. Kali ini Ferry Efka membantu kita. Jadi ya pasti hasilnya beda. Soal teknik pengerjaan, kita sih sendiri take-nya. Dari album sebelumnya, anak-anak sudah sendiri. Tapi kalau mixing memang belum berani.

Soal penulisan lagu juga sekarang lebih beragam. Hampir semua menulis lagu sekarang. Nggak dalam satu album cuma aku doang. Kalau aku pribadi sebagai penulis lagu di album sebelumnya, nggak kepikiran dengan apa yang akan disumbangkan personel yang lain. Itu membuat karakter baru Sheila on 7.

Lagu ‘Have Fun’ punya nuansa yang hampir mirip lagu ‘PeDe’ dari album self-titled di 2009. Bisa cerita soal itu?

Adam: Sebenarnya waktu bikin lagu itu nggak ada kesengajaan ke arah sana. Aku bikin itu karena aku ngelihat orang-orang yang kerja di Jakarta, yang Senin sampai Jumat itu rutin kegiatannya gitu terus. Balik rumah jam 10 malam kena macet segala macam. Sabtunya harus senang-senang deh.

Eross: Aku nggak tahu dia nulis lagu itu di umur berada dan baru keluar sekarang (tertawa). Aku pribadi untuk umur sekarang nulis lagu seperti ini sudah susah.

‘Pasti Ku Bisa’ jadi single kedua. Lagu ini tentang apa ya?

Eross: Menurutku titik berat lagu itu lebih ke lirik. Kalau aku dengarin kayak tujuan positif yang disenandungkan.

Apakah ini curahan hati Eross setelah manajer yang mengurusi selama karier So7 hengkang?

Eross: Ini lagu sangat luas sekali. Bisa diaplikasikan ke siapa saja. Untuk tujuan baik dan lagu ini sangat general. Tapi waktu aku bikin, aku nggak kepikiran ke apa-apa.

Lagu berbahasa Inggris ciptaan Duta ikut diselipkan. ‘On The Phone’ dibalut nuansa ceria. Tapi tak hanya lagu itu saja yang berbahasa Inggris. Adam ikut menyumbangkan lagu ‘Perfect Time’ untuk dimasukkan ke dalam album.

Adam: Lagu itu ada dari materi album ‘507’. Jadi kan dulu sempat rekaman beberapa lagu, nah itu salah satu yang nggak masuk. Terus kemarin tiba-tiba jadi masuk. Aku waktu bikinnya dulu di sela-sela tur. Saat itu lagi senang dengar lagu ‘If You’re Gone’ Matchbox Twenty. Ceritanya sih biasa soal hubungan cinta yang nggak berhasil.

Lagu ‘Kamus Hidupku’ dibuat dalam versi demo. Lagu tersebut diiringi gitar akustik dan suara Duta lebih serak di lagu tersebut.

Eross: Iya, Duta lagi sakit waktu itu (tertawa).

Adam: Sebenarnya ini karena waktunya udah nggak nyampe, waktu rekaman kan banyak terhalang. Banyak hal yang tidak terduga. Kita belum pernah merekam lagu itu. Waktu itu kita merekam pertama kali dan belum sempat untuk menyelesaikannya. Kalau intro sih udah dari zaman pertama-tama dengar John Mayer. Dan ini jadi lagu terakhir yang dibuat untuk album ‘Berlayar’.

Di lagu ‘Bait Pertama’ Eross memberikan sentuhan lirik yang mendalam. Ada apa dengan lagu tersebut?

Eross: Lagu itu kayak ngegambarin orang yang hidupnya stuck yang cuma berputar-putar. Di lagu itu tiap penggalan liriknya, kembali ke kata-kata bait pertama. Kadang penggambaran hidup itu seperti lagu. Ini tentang orang yang tidak bisa merelakan sesuatu. Ini lagu lama yang terus dibenerin. Bagian reff-nya ada yang dihilangin dan jadinya begini.

Kenapa judulnya Berlayar?

Eross: Kalau disambung-sambungin sama judul album sebelumnya kan ‘Menentukan Arah’. Nah kalau menentukan arah itu mau pakai apa? Terbang? Apa mau berenang? Berkuda atau gimana? Berlayar itu kan kerja tim. Kalau bermobil bisa sendiri-sendiri. Jadi kita pilih berlayar bersama-sama saja.

Tracklist album Berlayar Sheila on 7:

1. Have Fun
2. Pasti Ku Bisa
3. Hujan Turun
4. On the Phone
5. Hari Bersamanya
6. Berlayar Denganku
7. Perfect Time
8. Kamus Hidupku (demo version)
9. Bait Pertama
10. Hari Bersamanya (accoustic version)

(wp/RS)